Sabtu, 11 November 2023

Apa Itu Deskripsi Isi

Content [Show]

    Deskripsi isi adalah penggambaran atau penjelasan tentang suatu hal, objek atau keadaan tertentu. Deskripsi isi bertujuan untuk memberikan gambaran yang jelas dan rinci tentang objek atau keadaan tersebut kepada pembaca.

    Tujuan deskripsi isi adalah untuk memberikan gambaran yang jelas dan rinci tentang objek atau keadaan tersebut kepada pembaca. Dengan demikian, pembaca dapat memahami dan merasakan objek atau keadaan tersebut seolah-olah mengalaminya sendiri.

    Ciri-ciri deskripsi isi adalah sebagai berikut:

    Untuk menentukan isi deskripsi, penulis harus terlebih dahulu menentukan objek atau keadaan yang akan dideskripsikan. Setelah itu, penulis perlu mengumpulkan informasi yang relevan tentang objek atau keadaan tersebut. Informasi tersebut dapat diperoleh dari pengamatan langsung, pengalaman pribadi, atau sumber-sumber lain.

    Langkah-langkah menjelaskan isi deskripsi adalah sebagai berikut:

    Berikut adalah contoh deskripsi isi tentang sebuah rumah:

    > Rumah itu terletak di sebuah desa yang tenang. Rumahnya sederhana, terbuat dari kayu dan berdinding batu bata. Atapnya terbuat dari genteng merah yang sudah mulai kusam. Di depan rumah terdapat sebuah taman kecil yang dihiasi dengan bunga-bunga yang berwarna-warni. Di teras rumah terdapat sebuah kursi kayu yang sering digunakan oleh pemilik rumah untuk bersantai.

    Contoh deskripsi isi tersebut menggambarkan rumah secara rinci dan jelas. Deskripsi tersebut menggunakan kata-kata yang tepat dan sesuai, serta menggunakan kata-kata yang dapat membangkitkan imajinasi pembaca. Deskripsi tersebut juga melibatkan panca indera pembaca, sehingga pembaca dapat membayangkan rumah tersebut seolah-olah melihatnya sendiri.

    Apa Itu Deskripsi Isi video selengkapnya

    Baca Juga


    EmoticonEmoticon