Selasa, 21 November 2023

Apa Itu Pengertian Zigot

Content [Show]

    Apa Itu Pengertian Zigot video terkait

    Zigot adalah sel tunggal yang terbentuk dari peleburan antara sel sperma dan sel telur. Sel sperma dan sel telur masing-masing memiliki 23 kromosom, sehingga zigot yang terbentuk memiliki 46 kromosom. Kromosom inilah yang menentukan karakteristik individu, seperti warna kulit, rambut, mata, dan golongan darah.

    Pembuahan terjadi saat sel sperma menembus sel telur. Sel sperma akan melepaskan enzim yang akan memecah sel telur sehingga sperma dapat masuk ke dalam sel telur. Setelah sel sperma masuk ke dalam sel telur, maka akan terjadi penggabungan DNA dari sel sperma dan sel telur. Penggabungan DNA ini disebut dengan fertilisasi.

    Zigot adalah cikal bakal dari embrio dan janin. Zigot akan terus membelah dan berkembang menjadi embrio, kemudian janin. Embrio dan janin akan tumbuh dan berkembang di dalam rahim ibu selama 9 bulan.

    Zigot akan mengalami beberapa tahap perkembangan, yaitu:

    Zigot adalah sel tunggal yang terbentuk dari pembuahan. Zigot akan membelah secara mitosis menjadi 2 sel, 4 sel, 8 sel, dan seterusnya.

    Morula adalah kumpulan sel-sel zigot yang berbentuk seperti buah murbei. Morula akan membelah menjadi blastula.

    Blastula adalah kumpulan sel-sel zigot yang berbentuk seperti bola. Blastula akan membelah menjadi gastrula.

    Gastrula adalah tahap awal pembentukan embrio. Gastrula akan membentuk tiga lapisan embrional, yaitu ectoderm, mesoderm, dan endoderm.

    Embrio adalah tahap perkembangan janin dari minggu ke-3 hingga minggu ke-8. Embrio akan tumbuh dan berkembang menjadi janin.

    Janin adalah tahap perkembangan janin dari minggu ke-9 hingga minggu ke-40. Janin akan tumbuh dan berkembang di dalam rahim ibu selama 9 bulan.

    Zigot adalah sel tunggal yang terbentuk dari pembuahan antara sel sperma dan sel telur. Zigot adalah cikal bakal dari embrio dan janin. Zigot akan terus membelah dan berkembang menjadi embrio, kemudian janin.

    Baca Juga


    EmoticonEmoticon