Jumat, 24 November 2023

Apa Itu Pengertian Fiskal

Content [Show]

    * Pengertian fiskal
    * Kebijakan fiskal
    * Penerimaan pemerintah
    * Pengeluaran pemerintah
    * Fungsi fiskal

    Fiskal adalah kebijakan ekonomi yang digunakan oleh pemerintah untuk mempengaruhi perekonomian suatu negara. Kebijakan fiskal ini berkaitan dengan penerimaan dan pengeluaran pemerintah.

    Kebijakan fiskal dapat diartikan sebagai tindakan pemerintah untuk mengubah penerimaan dan pengeluaran pemerintah untuk mempengaruhi perekonomian. Kebijakan fiskal dapat bersifat ekspansif atau kontraksif.

    Penerimaan pemerintah adalah semua pendapatan yang diperoleh pemerintah dari berbagai sumber, seperti pajak, retribusi, dan pinjaman.

    Pengeluaran pemerintah adalah semua pengeluaran yang dilakukan pemerintah untuk berbagai keperluan, seperti belanja barang dan jasa, belanja modal, dan transfer.

    Fungsi fiskal adalah tujuan dari kebijakan fiskal yang dilakukan oleh pemerintah. Terdapat tiga fungsi fiskal utama, yaitu:

    Fungsi alokasi bertujuan untuk mengalokasikan sumber daya ekonomi secara efisien. Kebijakan fiskal dapat digunakan untuk mendorong atau menghambat pertumbuhan ekonomi.

    Fungsi distribusi bertujuan untuk mendistribusikan pendapatan dan kekayaan secara adil. Kebijakan fiskal dapat digunakan untuk mengurangi ketimpangan pendapatan dan kekayaan.

    Fungsi stabilisasi bertujuan untuk menjaga stabilitas perekonomian. Kebijakan fiskal dapat digunakan untuk mengatasi perekonomian yang mengalami resesi atau inflasi.

    Berikut adalah beberapa contoh kebijakan fiskal:

    Kebijakan fiskal ekspansif adalah kebijakan yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan permintaan agregat. Kebijakan fiskal ekspansif dapat dilakukan dengan cara menaikkan belanja pemerintah atau menurunkan pajak.

    Kebijakan fiskal kontraksif adalah kebijakan yang dilakukan pemerintah untuk mengurangi permintaan agregat. Kebijakan fiskal kontraksif dapat dilakukan dengan cara menurunkan belanja pemerintah atau menaikkan pajak.

    Fiskal adalah kebijakan ekonomi yang digunakan oleh pemerintah untuk mempengaruhi perekonomian suatu negara. Kebijakan fiskal ini berkaitan dengan penerimaan dan pengeluaran pemerintah. Kebijakan fiskal dapat bersifat ekspansif atau kontraksif.

    Apa Itu Pengertian Fiskal video selengkapnya

    Baca Juga


    EmoticonEmoticon