Senin, 20 November 2023

Apa Itu Definisi Pancasila

Content [Show]

    Pancasila adalah dasar negara dan ideologi Indonesia yang menjadi landasan dalam pembangunan dan kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila terdiri dari lima sila yang saling berkaitan dan merupakan satu kesatuan yang utuh.

    Pancasila dirumuskan pada masa sidang BPUPKI pertama pada tanggal 29 Mei hingga 1 Juni 1945. Pembentukan Pancasila diketuai oleh Ir. Soekarno dan dihadiri oleh berbagai tokoh bangsa, seperti Mohammad Hatta, Ki Hajar Dewantara, dan Ahmad Soebardjo.

    Pancasila memiliki beberapa fungsi, yaitu:

    Pancasila mengandung nilai-nilai luhur yang menjadi landasan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Nilai-nilai tersebut adalah:

    Pancasila memiliki makna yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Pancasila merupakan landasan dan pedoman bagi bangsa Indonesia dalam mencapai cita-citanya, yaitu mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera.

    Pancasila juga merupakan pemersatu bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, agama, ras, dan golongan. Pancasila mengajarkan kita untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan.

    Oleh karena itu, kita sebagai warga negara Indonesia harus memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

    Berikut video Apa Itu Definisi Pancasila selengkapnya

    Baca Juga


    EmoticonEmoticon