Rabu, 22 November 2023

Apa Itu Deskripsi Mata Kuliah

Content [Show]

    Definisi

    Deskripsi mata kuliah adalah dokumen yang menjelaskan secara rinci tentang mata kuliah yang ditawarkan oleh suatu perguruan tinggi. Dokumen ini biasanya berisi informasi tentang:

    * Nama mata kuliah
    * Kode mata kuliah
    * Semester
    * Jurusan
    * Bobot SKS
    * Capaian pembelajaran lulusan
    * Materi pembelajaran
    * Bentuk dan metode pembelajaran
    * Penilaian

    Keyword Silo

    Nama mata kuliah

    Nama mata kuliah adalah nama yang diberikan untuk suatu mata kuliah. Nama mata kuliah biasanya bersifat deskriptif dan menggambarkan materi pembelajaran yang akan dipelajari.

    Kode mata kuliah

    Kode mata kuliah adalah kode yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu mata kuliah. Kode mata kuliah biasanya terdiri dari huruf dan angka.

    Semester

    Semester adalah periode waktu di mana mata kuliah diselenggarakan. Di Indonesia, biasanya ada dua semester dalam satu tahun akademik, yaitu semester ganjil dan semester genap.

    Jurusan

    Jurusan adalah program studi yang ditawarkan oleh suatu perguruan tinggi. Deskripsi mata kuliah biasanya hanya berlaku untuk mahasiswa yang mengambil jurusan tertentu.

    Bobot SKS

    Bobot SKS adalah beban studi yang harus diselesaikan oleh mahasiswa untuk mendapatkan satu mata kuliah. Bobot SKS biasanya dinyatakan dalam angka.

    Capaian pembelajaran lulusan

    Capaian pembelajaran lulusan adalah kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh lulusan suatu program studi. Deskripsi mata kuliah harus mengacu pada capaian pembelajaran lulusan program studi yang bersangkutan.

    Materi pembelajaran

    Materi pembelajaran adalah isi yang akan dipelajari oleh mahasiswa dalam suatu mata kuliah. Materi pembelajaran biasanya terdiri dari teori, praktik, dan tugas.

    Bentuk dan metode pembelajaran

    Bentuk dan metode pembelajaran adalah cara yang digunakan oleh dosen untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada mahasiswa. Bentuk dan metode pembelajaran dapat berupa kuliah, tutorial, praktikum, dan lain-lain.

    Penilaian

    Apa Itu Deskripsi Mata Kuliah video selengkapnya

    Baca Juga


    EmoticonEmoticon