Kamis, 23 November 2023

Apa Definisi Norma

Content [Show]

    Norma adalah aturan atau ketentuan yang sifatnya mengikat suatu kelompok orang dalam masyarakat. Norma diterapkan sebagai panduan, tatanan, dan pengendali tingkah laku yang sesuai. Maka, dapat disimpulkan norma adalah batas yang dibuat oleh suatu perkumpulan, masyarakat, atau kelompok yang harus dipatuhi oleh anggotanya.

    Berdasarkan kekuatan mengikatnya, norma dapat dibagi menjadi empat jenis, yaitu:

    Norma memiliki beberapa fungsi penting dalam masyarakat, yaitu:

    Sanksi adalah konsekuensi yang akan diterima oleh seseorang jika melanggar norma. Sanksi norma dapat berupa sanksi positif atau sanksi negatif.

    Norma adalah aturan atau ketentuan yang sifatnya mengikat suatu kelompok orang dalam masyarakat. Norma memiliki empat jenis, yaitu norma hukum, norma moral, norma agama, dan norma adat. Norma memiliki beberapa fungsi penting dalam masyarakat, yaitu menjamin ketertiban dan keteraturan masyarakat, menjaga keseimbangan dan keharmonisan masyarakat, membantu individu untuk berperilaku sesuai norma yang berlaku, dan menjaga hak dan kewajiban individu.

    Berikut adalah beberapa contoh norma yang berlaku di masyarakat:

    Dengan memahami definisi, jenis, fungsi, dan sanksi norma, kita dapat menjadi anggota masyarakat yang baik dan bertanggung jawab.

    Berikut video Apa Definisi Norma selengkapnya

    Baca Juga


    EmoticonEmoticon