Jumat, 01 Desember 2023

Apa Itu Definisi Atom

Content [Show]

    Atom adalah unit terkecil dari suatu unsur yang terdiri dari inti atom dan awan elektron. Inti atom terdiri dari proton dan neutron, sedangkan awan elektron terdiri dari elektron-elektron yang mengelilingi inti atom.

    Atom terdiri dari dua bagian utama, yaitu inti atom dan awan elektron. Inti atom terletak di pusat atom dan terdiri dari proton dan neutron. Proton bermuatan positif, sedangkan neutron tidak bermuatan. Awan elektron terletak di sekitar inti atom dan terdiri dari elektron-elektron yang bermuatan negatif.

    Atom terdiri dari tiga komponen utama, yaitu:

    Muatan atom ditentukan oleh jumlah proton dan elektron dalam atom tersebut. Atom dikatakan netral jika jumlah proton dan elektronnya sama. Jika jumlah proton lebih banyak daripada elektron, atom tersebut bermuatan positif. Jika jumlah elektron lebih banyak daripada proton, atom tersebut bermuatan negatif.

    Atom-atom dari unsur yang sama dapat memiliki jumlah neutron yang berbeda. Atom-atom dengan jumlah proton yang sama tetapi jumlah neutron yang berbeda disebut isotop. Isotop memiliki sifat kimia yang sama, tetapi memiliki sifat fisik yang berbeda.

    Atom adalah unit terkecil dari suatu unsur yang terdiri dari inti atom dan awan elektron. Inti atom terdiri dari proton dan neutron, sedangkan awan elektron terdiri dari elektron-elektron yang mengelilingi inti atom. Atom memiliki tiga komponen utama, yaitu proton, neutron, dan elektron. Muatan atom ditentukan oleh jumlah proton dan elektron dalam atom tersebut. Atom-atom dari unsur yang sama dapat memiliki jumlah neutron yang berbeda, yang disebut isotop.

    Video Apa Itu Definisi Atom saat ini

    Baca Juga


    EmoticonEmoticon