Rabu, 20 Desember 2023

Apa Itu Etika Profesi Guru

Content [Show]
    Apa Itu Etika Profesi Guru

    Etika profesi guru adalah seperangkat norma dan nilai moral yang menjadi pedoman bagi guru dalam menjalankan profesinya. Norma dan nilai moral tersebut mengatur bagaimana guru harus bersikap dan berperilaku dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik, anggota masyarakat, dan warga negara.

    Etika profesi guru penting untuk menjaga martabat dan profesionalisme guru. Dengan adanya etika profesi guru, guru dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan bertanggung jawab, serta menghindari perilaku yang tidak sesuai dengan profesinya.

    Kode etik profesi guru di Indonesia diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 16 Tahun 2005 tentang Kode Etik Guru. Kode etik guru terdiri dari 10 butir, yang meliputi:

    • Guru berbakti membimbing peserta didik untuk membentuk manusia Indonesia seutuhnya yang berjiwa Pancasila.
    • Guru memiliki dan melaksanakan kejujuran profesional.
    • Guru berusaha memperoleh informasi tentang peserta didik sebagai bahan melakukan bimbingan dan pembinaan.
    • Guru menciptakan suasana belajar yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dan menantang.
    • Guru membimbing peserta didik untuk mengembangkan potensinya.
    • Guru memberikan keteladanan dalam bersikap dan berperilaku.
    • Guru menjalin hubungan kerja sama yang efektif dengan orangtua/wali peserta didik.
    • Guru menjunjung tinggi kode etik profesi guru.
    • Guru berperan aktif dalam mengembangkan profesinya.

    Etika profesi guru dapat diwujudkan melalui berbagai upaya, antara lain:

    • Pendidikan dan pelatihan etika profesi guru
    • Penerapan kode etik guru dalam kehidupan sehari-hari
    • Pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan kode etik guru
    • Sanksi terhadap pelanggaran kode etik guru

    Etika profesi guru merupakan hal yang penting untuk dijaga dan diwujudkan. Guru yang beretika akan dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan bertanggung jawab, serta dapat menjadi teladan bagi peserta didik.

    NettetApa itu Etika Profesi Guru? Etika profesi guru adalah aturan dan nilai-nilai moral yang mengatur perilaku seorang guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai. NettetApa Itu Kode Etik Guru? Setiap profesi mempunyai suatu kode etik yang berisi aturan tentang apa yang benar dan tidak boleh dilakukan oleh seorang. NettetApa Itu Etika Profesi Etika Profesi Guru (Source: Freepik) Etika profesi adalah sebuah panduan profesionalisme dalam dunia kerja.Kamu harus memahami etika sebagai. NettetEtika profesi guru adalah seperangkat prinsip moral dan nilai-nilai yang mengatur tingkah laku dan tindakan guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung.

    Apa Itu Etika Profesi Guru

    DOC) ETIKA PROFESI GURU | Ahmad Romdani - Academia.edu - Source: Academia.edu
    Apa Itu Etika Profesi Guru

    Kode Etik Guru dan Ikrar Guru - Media Educations - Source: Mediaeducations.com

    Apa Itu Etika Profesi Guru, Etika Profesi Guru, 9.43 MB, 06:52, 496, Lilis Asriani S, 2021-02-22T03:13:33.000000Z, 4, DOC) ETIKA PROFESI GURU | Ahmad Romdani - Academia.edu, Academia.edu, 842 x 595, jpg, , 2, apa-itu-etika-profesi-guru

    Etika Profesi Guru

    Apa Itu Etika Profesi Guru. Nettet1. Apa yang dimaksud dengan etika profesi guru? Etika profesi guru merupakan seperangkat nilai, norma, dan prinsip-prinsip moral yang mengatur perilaku guru dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik. 2. Mengapa. NettetEtika profesi guru adalah seperangkat nilai, prinsip, dan norma yang mengatur perilaku dan tindakan seorang guru dalam melaksanakan tugas dan. NettetApa Itu Etika Profesi Guru? Etika profesi guru merupakan aturan dan nilai-nilai moral yang memandu perilaku dan tindakan guru dalam menjalankan.

    DOC) ETIKA PROFESI GURU | Ahmad Romdani - Academia.edu

    Apa Itu Etika Profesi Guru, NettetApa Itu Etika Profesi Etika Profesi Guru (Source: Freepik) Etika profesi adalah sebuah panduan profesionalisme dalam dunia kerja.Kamu harus memahami etika sebagai. NettetEtika profesi guru adalah seperangkat prinsip moral dan nilai-nilai yang mengatur tingkah laku dan tindakan guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung.

    Etika Profesi Guru

    Etika Profesi Guru

    Source: Youtube.com

    KARAKTERISTIK ETIKA PROFESI GURU PPKN - BAHAS SOAL UP UKMPPG 2023 #lulusup #luluspretes

    KARAKTERISTIK ETIKA PROFESI GURU PPKN - BAHAS SOAL UP UKMPPG 2023 #lulusup #luluspretes

    Source: Youtube.com

    The Ethical Standards for the Teaching Profession

    The Ethical Standards for the Teaching Profession

    Source: Youtube.com

    Teaching - what are its values, ethics and codes

    Teaching - what are its values, ethics and codes

    Source: Youtube.com


    Makalah Etika Profesi Guru - Makalah Etika Profesi Guru Etika dan Moral dalam Meningkatkan Kinerja - Studocu

    Memberikan pedoman bagi setiap anggota organisasi profesi mengenai perbuatan baik yang harus dilakukan. Sebagai sarana kontrol social bagi masyarakat atas profesi yang bersangkutan. Mencegah campur tangan pihak luar organisasi profesi terkait dengan hubungan etika dalam keanggotaan profesi. Agar kode etik profesi dapat berfungsi dengan baik, maka tiga yang harus diperhatikan, yaituKode etik harus dibuat oleh kelompok profesi sendiri. .


    Kode Etik Guru: Pengertian, Isi, Fungsi & Pelaksanaannya - Quipper Blog

    Fungsi utama dari kode etik guru adalah menjadi seperangkat prinsip norma moral yang mendasari pelaksanaan tugas layanan profesional guru dalam kaitannya dengan peserta didik, orang /wali murid, sekolah rekan seprofesi, organisasi profesi, pemerintah berdasarkan nilai agama, pendidikan sosial, etika, kemanusiaan. Dalam proses perumusan harus bersumber dari - berikut. Nilai agama Pancasila. Nilai kompetensi guru yang meliputi, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional. .


    MODUL ETIKA PROFESI GURU - Repository Ubhara Jaya

    Universitas Bhayangkara Jakarta Raya institutional repository where student theses stored. This repository contains many undergraduate theses, masterreports, other academic papers. purpose this repository providecentralized location students, faculty, ... .


    KODE ETIK GURU INDONESIA PEMBUKAAN

    Tanggal 2023, Dibaca152 kaliTanggal 2023, Dibaca90 kali .


    Etika Profesi Keguruan dan Perkembangannya – Universitas Islam An Nur Lampung

    Dari kedua prinsip inilah etika profesi guru perlu diperhatikan, agar menghasilkan sebuh kode etik dalam profesi guru memiliki fungsi yang baik bagi kaum guru sendiri. Pada dasarnya fungsi kode etik guru sebagai perlindungan pengembangan bagi profesi. Dalam buku karangan Thomas Gardon Mudjito, mereka menjelaskan bahwa paradigma fungsi etika profesi guru sebagai perlindungan pengembangan bagi profesi selaras dengan berbagai pendapat beberapa pakar, yaitu: .


    ETIKA PROFESI KEGURUAN - Dosen IKIP Siliwangi

    IKIP Siliwangi BandungMasukTabel KinerjaJumlah PublikasiTridarma DosenJumlah Publikasi Jurnal ( ) · Jumlah Publikasi Prosiding ( ) · Jumlah Penelitian Dosen ( ) · Jumlah Pengabdian pada Masyarakat ( ) · Jumlah Dosen Berdasarkan Jenjang Pendidikan ... .


    Kode etik profesi keguruan – Universitas Islam An Nur Lampung

    .


    Definisi Dan Etika Profesi Guru

    cannot providedescription this page right .


    ETIKA PROFESI KEGURUAN

    Selamat datang Staff Site Universitas Negeri Yogyakarta Staffsite merupakan website resmi staff Universitas Negeri Yogyakarta. Website berisi Direktori Dosen Staff lingkungan Universitas Negeri Yogyakarta. Bagi Dosen Staff , Silakan login menggunakan email anda untuk ... .


    Buku Etika Profesi Keguruan - IMRON FAUZI. ...

    digilib supports 0 withbase httpdigilib.uinkhas//oai2 .


    .


    Etika Guru Dalam Proses Pengajaran Di Sekolah

    Kattsoff mengemukakan bahwa etika pada prinsipnya berkenaan dengan predikat nilai benar atau salah. namun, dalam pembahasan yang khusus, etika membicarakan tentang sifat-sifat atau atribut-atribut yang mengakibatkan seorang disebut baik/sopan/susila. sementara, poerbawakaca mendefinisikan etika ... .


    Etika Profesi Guru

    repository. supports 0 withbase httprepository.//oai2 .


    ETIKA PROFESI GURU

    Direktori File Universitas Pendidikan Indonesia .


    Apa Itu Etika Profesi Guru? - Pendidikan - Dictio Community

    yang dimaksud dengan etika profesi guruKata etika berasal dari kata ethos (bahasa Yunani) yang berarti karakter, watak kesusilaan atau adat. Etika berkaitan dengan konsep yang dimiliki oleh individu ataupun kelompok untuk menilai apakah tindakantindakan yang telah dikerjakannya  ... .


    Kode Etik Dalam Profesi Guru

    Fungsi kode etik seperti sesuai dengan yang dikemukakan Gibson Mitchel1995yang lebih menekankan pada pentingnya kode etik tersebut sebagai pedoman pelaksanaan tugas profesional anggota suatu profesi pedoman bagi masyarakat pengguna suatu profesi dalam meminta pertanggung jawaban jika anggota profesi yang bertindak diluar kewajaran sebagai seorang profesional. Kode etik guru sesungguhnya merupakan pedoman yang mengatur hubungan guru dengan teman sejawat, peserta didik, pemimpin, masyarakat, dengan misi tugasnya. Jalinan hubungan tersebut dilakukan untuk kepentingan perkembangan siswa secara optimal, secara jelas hubungan diatur oleh kode etik. ... Dalam etika hubungan guru dengan teman sejawat menuntut perilaku yang kooperatif, mempersamakan, saling mendukung. .


    bab vi etika profesi keguruan

    Selamat datang Repositori Institusi UKSW, sebuah layanan yang disediakan oleh Perpustakaan Notohamidjojo Universitas Kristen Satya Wacana yang bertujuan mengoleksi, memelihara, menyediakan akses permanen pada koleksi karya ilmiah dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan UKSW, maupun ... .


    Menegakkan Kode Etik Profesi Guru: sebuah Pandangan Wawasan Filsafat Pendidikan - Neliti

    "Menegakkan Kode Etik Profesi Guru: sebuah Pandangan Wawasan Filsafat PendidikanFikroh, . 11, no, 2018, pp. ... Apapun profesi seseorang perlu adanya standar yang mengikat agar pelaksanaan profesi tersebut dapat berjalan dengan baik, begitu juga dengan profesi guru. .


    Kode etik profesi keguruan – Universitas Islam An Nur Lampung

    Etika profesi keguruan merupakan norma batasan yang harus dipatuhi oleh seorang guru dalam tindakan perbuatannya, baik dalam menjalankan tugas profesi maupun dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Fungsi kode etik keguruan Indonesia adalah sebagai landasan moral pedoman tingkah laku setiap guru dalam menunaikan tugas pengabdiannya sebagai guru, baik dalam maupun luar sekolah serta dalam pergaulan sehari-hari masyarakat. Kode etik guru Indonesia juga digunakan sebagai alat untuk membentuk sikap profesionalisme para anggota profesi keguruan. .

    Baca Juga


    EmoticonEmoticon