Minggu, 24 Desember 2023

Apa Itu Deskripsi Dan Contohnya

Content [Show]

    Pengertian Deskripsi

    Deskripsi adalah teks yang menggambarkan atau menjelaskan tentang suatu hal, objek atau keadaan tertentu. Deskripsi juga bisa diartikan sebagai kaidah pengolahan data menjadi sesuatu yang bisa diutarakan dengan jelas dan tepat agar mudah untuk dipahami oleh orang lain.

    Ciri-ciri Deskripsi

    Berikut adalah ciri-ciri deskripsi:

    * Menjelaskan objek secara jelas dan terperinci
    * Menggunakan panca indera untuk menggambarkan objek
    * Menggunakan kata-kata yang tepat dan menarik
    * Menggunakan kalimat yang efektif dan komunikatif

    Jenis-jenis Deskripsi

    Berdasarkan objek yang dideskripsikan, deskripsi dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

    Contoh Deskripsi

    Berikut adalah contoh deskripsi:

    Wajahnya yang cantik dengan kulit putih bersih terlihat begitu anggun. Rambutnya yang panjang dan hitam tergerai rapi di bahunya. Matanya yang indah berwarna cokelat menatapku dengan penuh kasih sayang. Senyumnya yang manis membuatku terpana.

    Pantai ini begitu indah. Pasir putihnya yang lembut seakan-akan memanggilku untuk bermain-main di atasnya. Ombaknya yang tenang membuatku merasa rileks. Pohon kelapa yang menjulang tinggi menambah kesan asri di pantai ini.

    Bunga mawar ini begitu cantik. Warna merahnya yang cerah terlihat begitu mencolok. Kelopaknya yang lembut terlihat begitu halus. Aromanya yang harum membuatku ingin terus-menerus menghirupnya.

    Kemarin, aku pergi ke taman bersama teman-temanku. Kami bermain-main di taman bermain sambil menikmati pemandangan yang indah. Kami juga makan bersama di bawah pohon rindang. Hari itu adalah hari yang menyenangkan.

    Deskripsi adalah teks yang menggambarkan atau menjelaskan tentang suatu hal, objek atau keadaan tertentu. Deskripsi memiliki ciri-ciri, jenis, dan contoh yang bisa digunakan sebagai panduan.

    Apa Itu Deskripsi Dan Contohnya video selengkapnya

    Baca Juga


    EmoticonEmoticon