Kamis, 28 Desember 2023

Contoh Definisi Realis

Content [Show]

    * Definisi realis
    * Definisi esensial
    * Definisi deskriptif
    * Definisi analitik
    * Definisi konotatif

    Definisi realis adalah penjelasan tentang hal yang ditandai oleh suatu istilah. Definisi ini menjelaskan isi yang dikandung dalam istilah tersebut, baik secara esensial maupun deskriptif.

    Definisi esensial adalah penjelasan tentang hal yang ditandai oleh suatu istilah dengan cara menguraikan bagian-bagian yang menyusun suatu hal. Definisi esensial dibagi menjadi dua jenis, yaitu definisi analitik dan definisi konotatif.

    Definisi analitik adalah penjelasan tentang hal yang ditandai oleh suatu istilah dengan cara menguraikan bagian-bagian yang mewujudkan esensinya.

    > Manusia adalah makhluk hidup yang memiliki akal budi dan perasaan.

    Definisi ini menjelaskan bahwa esensi manusia adalah makhluk hidup yang memiliki akal budi dan perasaan.

    Definisi konotatif adalah penjelasan tentang hal yang ditandai oleh suatu istilah dengan cara menguraikan genus dan diferensianya.

    > Anjing adalah hewan mamalia yang termasuk dalam genus Canis.

    Definisi ini menjelaskan bahwa anjing adalah hewan mamalia yang memiliki ciri-ciri umum seperti Canis.

    Definisi deskriptif adalah penjelasan tentang hal yang ditandai oleh suatu istilah dengan cara menggambarkan ciri-ciri atau sifat-sifatnya.

    > Meja adalah benda yang memiliki permukaan datar dan digunakan untuk meletakkan benda-benda lain.

    Definisi ini menjelaskan bahwa meja adalah benda yang memiliki permukaan datar dan digunakan untuk meletakkan benda-benda lain.

    Definisi realis adalah penjelasan tentang hal yang ditandai oleh suatu istilah. Definisi ini dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu definisi esensial dan definisi deskriptif. Definisi esensial menjelaskan esensi suatu hal, sedangkan definisi deskriptif menjelaskan ciri-ciri atau sifat-sifat suatu hal.

    Berikut video Contoh Definisi Realis selengkapnya

    Baca Juga


    EmoticonEmoticon