Jumat, 22 Desember 2023

Apa Itu Domisili Kerja

Content [Show]

    Domisili kerja adalah tempat tinggal yang digunakan untuk keperluan pekerjaan. Domisili kerja biasanya berbeda dengan alamat KTP, karena alamat KTP menunjukkan tempat tinggal tetap seseorang, sedangkan domisili kerja dapat berubah-ubah sesuai dengan tempat seseorang bekerja.

    Domisili kerja adalah tempat tinggal yang digunakan untuk keperluan pekerjaan. Domisili kerja biasanya berbeda dengan alamat KTP, karena alamat KTP menunjukkan tempat tinggal tetap seseorang, sedangkan domisili kerja dapat berubah-ubah sesuai dengan tempat seseorang bekerja.

    Perbedaan domisili kerja dan alamat KTP adalah sebagai berikut:

    | Aspek | Domisili Kerja | Alamat KTP |
    |—|—|—|
    | Definisi | Tempat tinggal yang digunakan untuk keperluan pekerjaan | Tempat tinggal tetap seseorang |
    | Kemungkinan berubah | Ya | Tidak |
    | Keperluan | Pekerjaan | Administrasi kependudukan |

    Contoh domisili kerja antara lain:

    * Seorang karyawan yang bekerja di Jakarta dan tinggal di kos di Jakarta, maka domisili kerjanya adalah Jakarta.
    * Seorang pengusaha yang memiliki kantor di Surabaya dan tinggal di rumah pribadi di Surabaya, maka domisili kerjanya adalah Surabaya.
    * Seorang freelancer yang bekerja dari rumah, maka domisili kerjanya adalah rumah tempat tinggalnya.

    Kegunaan domisili kerja antara lain:

    * Untuk mengurus surat keterangan domisili kerja, yang diperlukan untuk keperluan administrasi pekerjaan, seperti:
    * Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan
    * Pendaftaran BPJS Kesehatan
    * Pendaftaran pajak penghasilan
    * Pendaftaran asuransi jiwa
    * Untuk keperluan administrasi kependudukan, seperti:
    * Pendaftaran surat pengantar nikah
    * Pendaftaran surat keterangan kematian
    * Pendaftaran surat keterangan lahir

    Cara mengurus domisili kerja adalah sebagai berikut:

    1. Menyiapkan dokumen persyaratan, yaitu:
    * Fotokopi KTP
    * Fotokopi Kartu Keluarga
    * Surat keterangan dari tempat kerja

    2. Mengajukan permohonan surat keterangan domisili kerja ke Kantor Kelurahan/Kecamatan.

    3. Menunggu proses pembuatan surat keterangan domisili kerja.

    4. Mengambil surat keterangan domisili kerja yang telah selesai dibuat.

    Video Apa Itu Domisili Kerja saat ini

    Baca Juga


    EmoticonEmoticon