Sabtu, 02 Desember 2023

Apa Itu Definisi Operasional Independent

Content [Show]

    Definisi operasional adalah definisi yang memberikan pernyataan pada peneliti untuk apa saja yang diperlukan dalam menjawab pertanyaan atau menguji hipotesis penelitian, khususnya pada penelitian kuantitatif. Definisi operasional ini harus dapat diukur secara objektif dan dapat diamati.

    Variabel independen adalah variabel yang nilainya tidak tergantung dari variabel lain, dimana nilainya dapat berubah. Variabel independen sering juga disebut variabel prediktor yang dilambangkan dengan X.

    Pengukuran adalah proses pemberian angka atau simbol pada objek atau fenomena berdasarkan aturan tertentu. Pengukuran variabel independen harus dilakukan secara objektif dan dapat diulang.

    Eksperimen adalah metode penelitian yang dilakukan dengan memanipulasi variabel independen untuk melihat pengaruhnya terhadap variabel dependen. Dalam eksperimen, peneliti memiliki kontrol penuh atas variabel independen.

    Indikator adalah variabel yang dapat digunakan untuk mengukur variabel independen. Indikator harus memiliki korelasi yang tinggi dengan variabel independen.

    Skala pengukuran adalah cara untuk mengklasifikasikan tingkat ketelitian suatu pengukuran. Skala pengukuran yang umum digunakan dalam penelitian kuantitatif adalah skala nominal, skala ordinal, skala interval, dan skala rasio.

    Definisi operasional independen adalah hal yang penting dalam penelitian kuantitatif. Definisi operasional yang jelas dan tepat akan membantu peneliti untuk mengukur variabel independen secara objektif dan dapat diulang.

    Berikut video Apa Itu Definisi Operasional Independent selengkapnya

    Baca Juga


    EmoticonEmoticon