Sabtu, 02 Desember 2023

Apa Itu Chassis Kereta

Content [Show]

    Chassis adalah struktur utama dari sebuah kendaraan roda empat yang digunakan sebagai penopang beragam komponen kendaraan. Chassis terdiri dari kerangka, suspensi, bodi, dan komponen-komponen lainnya.

    Chassis memiliki beberapa fungsi utama, yaitu:

    * Menopang berat kendaraan, penumpang, dan muatan
    * Mentransmisikan tenaga dari mesin ke roda
    * Membantu kendaraan berbelok
    * Memberikan kenyamanan dan keamanan berkendara

    Chassis kendaraan roda empat dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

    Chassis terpisah terdiri dari dua bagian utama, yaitu kerangka dan bodi. Kerangka terbuat dari besi atau baja, sedangkan bodi terbuat dari bahan yang ringan dan kuat, seperti aluminium atau plastik.

    Chassis monokok merupakan satu kesatuan dengan bodi. Kerangka dan bodi terbuat dari bahan yang sama, sehingga lebih ringan dan kokoh.

    Chassis kendaraan roda empat umumnya terbuat dari besi atau baja. Bahan ini kuat dan tahan lama, sehingga cocok untuk digunakan sebagai struktur utama kendaraan.

    Bahan lain yang juga digunakan untuk membuat chassis adalah aluminium dan plastik. Aluminium lebih ringan dari besi atau baja, sehingga cocok untuk digunakan pada kendaraan yang membutuhkan efisiensi bahan bakar. Plastik lebih murah dari besi atau baja, sehingga cocok untuk digunakan pada kendaraan yang harganya terjangkau.

    Chassis merupakan komponen penting dari sebuah kendaraan roda empat. Chassis yang kuat dan kokoh akan memberikan kenyamanan dan keamanan berkendara.

    Video Apa Itu Chassis Kereta saat ini

    Baca Juga


    EmoticonEmoticon