Jumat, 10 November 2023

Apa Itu Deskripsi Data

Content [Show]

    Deskripsi data adalah proses untuk menggambarkan data secara sistematis dan ringkas. Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran umum tentang data yang diteliti, sehingga lebih mudah dipahami oleh pembaca.

    Ada beberapa tujuan deskripsi data, antara lain:

    Ada dua jenis deskripsi data, yaitu:

    Deskripsi data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan statistika. Statistika digunakan untuk menghitung nilai-nilai statistik, seperti rata-rata, median, modus, varians, dan standar deviasi.

    Deskripsi data kualitatif dilakukan dengan menggunakan metode non-statistik. Metode non-statistik yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan data kualitatif antara lain:

    Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan data, antara lain:

    Berikut adalah contoh deskripsi data:

    Data hasil survei kepuasan pelanggan sebuah perusahaan menunjukkan bahwa rata-rata nilai kepuasan pelanggan adalah 7 dari skala 1-10. Nilai ini menunjukkan bahwa pelanggan secara umum puas dengan produk dan layanan perusahaan.

    Data hasil wawancara dengan karyawan sebuah perusahaan menunjukkan bahwa karyawan merasa puas dengan gaji dan tunjangan yang diterima. Namun, karyawan juga mengeluhkan tentang beban kerja yang terlalu berat.

    Deskripsi data adalah proses penting dalam penelitian. Deskripsi data dapat membantu peneliti untuk memahami data, menemukan pola dan tren dalam data, serta menyiapkan data untuk analisis selanjutnya.

    Apa Itu Deskripsi Data video selengkapnya

    Baca Juga


    EmoticonEmoticon