Senin, 15 April 2024

Apakah Epilepsi Itu Menular

Content [Show]
    Apakah Epilepsi Itu Menular

    Epilepsi adalah gangguan otak yang menyebabkan kejang berulang. Kejang adalah episode aktivitas listrik yang berlebihan di otak yang dapat menyebabkan perubahan kesadaran, gerakan otot yang tidak terkendali, dan perubahan sensorik atau mental.

    Tidak, epilepsi tidak menular. Epilepsi disebabkan oleh aktivitas listrik yang berlebihan di otak, yang tidak dapat ditularkan dari orang ke orang.

    Anggapan bahwa epilepsi menular mungkin berasal dari beberapa faktor, termasuk:

    • Kejang dapat menyebabkan penderitanya mengeluarkan air liur atau buang air kecil tanpa sadar. Hal ini dapat membuat orang lain khawatir bahwa air liur atau urin penderitanya dapat menularkan penyakit.
    • Beberapa orang mungkin percaya bahwa epilepsi adalah penyakit kutukan atau santet. Anggapan ini dapat membuat orang lain menghindari penderita epilepsi karena takut tertular.

    Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko epilepsi, antara lain:

    • Cedera kepala
    • Infeksi otak
    • Tumor otak
    • Kelainan genetik
    • Asfiksia perinatal
    • Gangguan perkembangan

    Tidak ada cara untuk mencegah epilepsi sepenuhnya. Namun, beberapa hal dapat dilakukan untuk mengurangi risiko epilepsi, antara lain:

    • Menjaga kesehatan otak dengan mengonsumsi makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, dan menghindari cedera kepala.
    • Melakukan tes prenatal untuk mendeteksi kelainan genetik yang dapat menyebabkan epilepsi.

    Pengobatan epilepsi biasanya dilakukan dengan obat-obatan antikonvulsan. Obat-obatan ini dapat membantu mengurangi frekuensi dan keparahan kejang. Dalam beberapa kasus, operasi dapat dilakukan untuk mengobati epilepsi.

    Epilepsi adalah penyakit yang tidak menular. Penderita epilepsi dapat hidup normal dan produktif dengan pengobatan dan dukungan yang tepat.

    NettetSebab, sebagian masyarakat percaya bahwa epilepsi menular sehingga muncul kekhawatiran. Perlu diketahui bahwa epilepsi tidaklah menular karena air liur. NettetApa itu epilepsi? Dilansir dari NHS , epilepsi adalah gangguan sistem saraf pusat yang menyebabkan aktivitas otak terganggu. Imbasnya, seseorang mengalami. NettetKejang klonik, yaitu gerakan menyentak ritmis yang biasanya menyerang otot leher, wajah dan lengan. Terkadang, pengidap epilepsi mengeluarkan suara-suara atau berteriak. NettetEpilepsi bukan penyakit menular tetapi dapat terjadi akibat penyakit menular seperti meningitis, AIDS dan virus yang menyebabkan radang otak (encephalitis)..

    Apakah Epilepsi Itu Menular

    Mitos dan Fakta Epilepsi, Benarkah Bisa Menular? - Source: KOMPAS.tv
    Apakah Epilepsi Itu Menular

    EPILEPSI BUKAN PENYAKIT KUTUKAN DAN PENYAKIT MENULAR – RSUD Pidie Jaya - Source: RSUD Pidie Jaya

    Apakah Epilepsi Itu Menular, APAKAH PENYAKIT EPILEPSI ITU MENULAR #shorts, 1.3 MB, 00:57, 4,559, KOMPASTV, 2023-07-26T13:46:18.000000Z, 4, Mitos dan Fakta Epilepsi, Benarkah Bisa Menular?, KOMPAS.tv, 340 x 604, jpg, , 2, apakah-epilepsi-itu-menular

    APAKAH PENYAKIT EPILEPSI ITU MENULAR #shorts

    Apakah Epilepsi Itu Menular.

    Sahabat KompasTV, jangan lupa like, comment, dan subscribe channel YouTube KompasTV, juga aktifkan lonceng notifikasi agar tidak ketinggalan update mengenai isu-isu terkini di Indonesia.

    Jangan lewatkan live streaming KompasTV 24 jam non stop di kompas.tv/live. Agar tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube KompasTV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi video terbaru dari KompasTV.

    Sahabat KompasTV juga bisa memperoleh informasi terkini melalui website: kompas.tv

    Media sosial KompasTV:
    Facebook: facebook.com/KompasTV
    Instagram: instagram.com/kompastv
    Twitter: twitter.com/KompasTV
    TikTok: tiktok.com/@kompastvnews

    Mitos dan Fakta Epilepsi, Benarkah Bisa Menular?

    Apakah Epilepsi Itu Menular, NettetKejang klonik, yaitu gerakan menyentak ritmis yang biasanya menyerang otot leher, wajah dan lengan. Terkadang, pengidap epilepsi mengeluarkan suara-suara atau berteriak. NettetEpilepsi bukan penyakit menular tetapi dapat terjadi akibat penyakit menular seperti meningitis, AIDS dan virus yang menyebabkan radang otak (encephalitis)..

    APAKAH PENYAKIT EPILEPSI ITU MENULAR #shorts

    APAKAH PENYAKIT EPILEPSI ITU MENULAR #shorts

    Source: Youtube.com

    [Apa Kata Dokter] 4 Hal yg Perlu Anda Ketahui Tentang Epilepsi

    [Apa Kata Dokter] 4 Hal yg Perlu Anda Ketahui Tentang Epilepsi

    Source: Youtube.com

    Is Epilepsy Contagious

    Is Epilepsy Contagious

    Source: Youtube.com

    Myth 1: Epilepsy is Contagious

    Myth 1: Epilepsy is Contagious

    Source: Youtube.com


    Baca Juga


    EmoticonEmoticon