Jumat, 06 Oktober 2023

Apa Itu Data Jenuh

Content [Show]

    Apa Itu Data Jenuh video terkait

    Dalam penelitian kualitatif, data jenuh adalah titik di mana pengumpulan data tambahan tidak menghasilkan informasi baru yang relevan dengan penelitian. Data jenuh ditandai dengan munculnya pola dan tema yang konsisten dalam data, serta tidak adanya informasi baru yang dapat ditemukan dari sumber data tambahan.

    * Munculnya pola dan tema yang konsisten dalam data
    * Tidak adanya informasi baru yang dapat ditemukan dari sumber data tambahan
    * Membantu peneliti untuk menarik kesimpulan yang lebih akurat
    * Membantu peneliti untuk menghemat waktu dan sumber daya

    Dalam penelitian kualitatif, data dikumpulkan secara terus-menerus hingga mencapai titik jenuh. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa peneliti telah memperoleh informasi yang cukup untuk menjawab pertanyaan penelitian.

    Titik jenuh dapat dicapai dengan berbagai cara, antara lain:

    Data jenuh adalah konsep penting dalam penelitian kualitatif. Data jenuh membantu peneliti untuk menarik kesimpulan yang lebih akurat dan menghemat waktu dan sumber daya.

    Seorang peneliti sedang melakukan penelitian tentang pengalaman pengguna aplikasi transportasi. Peneliti mengumpulkan data dari wawancara dengan pengguna aplikasi transportasi, pengamatan terhadap penggunaan aplikasi transportasi, dan analisis data pengguna aplikasi transportasi.

    Setelah peneliti mengumpulkan data dari 20 pengguna aplikasi transportasi, peneliti menemukan bahwa munculnya pola dan tema yang konsisten dalam data. Pola dan tema tersebut menunjukkan bahwa pengguna aplikasi transportasi memiliki beberapa masalah umum dengan aplikasi transportasi, seperti masalah keterlambatan dan masalah pembatalan.

    Berdasarkan pola dan tema tersebut, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa aplikasi transportasi perlu ditingkatkan untuk mengatasi masalah keterlambatan dan masalah pembatalan.

    Dalam contoh ini, peneliti telah mencapai titik jenuh karena telah mengumpulkan data yang cukup untuk menjawab pertanyaan penelitian. Peneliti tidak perlu mengumpulkan data tambahan dari pengguna aplikasi transportasi lagi.

    Baca Juga


    EmoticonEmoticon