Kamis, 26 Oktober 2023

Apa Itu Arti Variabel

Content [Show]

    Variabel adalah suatu atribut atau sifat atau nilai dari orang, obyek, organisasi, atau kegiatan yang mempunyai variasi tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya.

    Variabel adalah suatu hal yang dapat berubah. Dalam penelitian, variabel adalah sesuatu yang akan diamati atau diukur untuk mengetahui hubungan antara variabel satu dengan variabel lainnya.

    Berdasarkan sifatnya, variabel dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:

    Berdasarkan hubungannya dengan variabel lain, variabel dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:

    Variabel bebas adalah variabel yang mempengaruhi variabel lain. Variabel bebas dapat dimanipulasi oleh peneliti untuk mengetahui pengaruhnya terhadap variabel terikat.

    Variabel terikat adalah variabel yang dipengaruhi oleh variabel lain. Variabel terikat adalah variabel yang ingin diukur atau diamati dalam penelitian.

    Variabel terkontrol adalah variabel yang dikendalikan oleh peneliti agar tidak mempengaruhi variabel bebas atau variabel terikat. Variabel terkontrol dapat berupa variabel bebas atau variabel terikat.

    Variabel adalah suatu hal yang dapat berubah dan dapat diamati atau diukur untuk mengetahui hubungan antara variabel satu dengan variabel lainnya. Dalam penelitian, variabel adalah salah satu unsur penting yang harus ditetapkan oleh peneliti.

    Apa Itu Arti Variabel video selengkapnya

    Baca Juga


    EmoticonEmoticon