Kamis, 26 Oktober 2023

Apa Itu Jalur Domisili

Content [Show]

    * Jalur domisili
    * PPDB
    * Penerimaan peserta didik baru
    * Pendaftaran sekolah
    * Sekolah negeri
    * Sekolah swasta

    Jalur domisili adalah jalur pendaftaran sekolah yang diperuntukkan bagi calon peserta didik yang berdomisili di wilayah zonasi yang ditetapkan oleh pemerintah daerah. Jalur ini bertujuan untuk pemerataan akses pendidikan bagi seluruh masyarakat, terutama bagi masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi sekolah.

    Kuota jalur domisili ditetapkan oleh pemerintah daerah, namun umumnya minimal 50% dari total kuota penerimaan peserta didik baru.

    Domisili calon peserta didik ditentukan berdasarkan alamat pada kartu keluarga (KK) yang diterbitkan paling singkat satu tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB. Jika calon peserta didik tidak memiliki KK karena keadaan tertentu, maka dapat menggunakan surat keterangan domisili yang dilegalisir oleh pejabat setempat.

    Calon peserta didik yang mendaftar melalui jalur domisili akan diurutkan berdasarkan jarak domisili dengan sekolah. Calon peserta didik dengan jarak domisili terdekat akan diprioritaskan.

    Misalkan ada sebuah sekolah negeri dengan daya tampung 100 siswa. Kuota jalur domisili ditetapkan sebesar 50%, yaitu 50 siswa. Jika ada 100 calon peserta didik yang mendaftar melalui jalur domisili, maka calon peserta didik akan diurutkan berdasarkan jarak domisili dengan sekolah. Calon peserta didik dengan jarak domisili terdekat akan diprioritaskan untuk diterima.

    * Meningkatkan pemerataan akses pendidikan bagi seluruh masyarakat.
    * Memudahkan calon peserta didik untuk bersekolah di dekat rumah.
    * Mempermudah pengawasan orang tua terhadap kegiatan belajar mengajar.

    * Dapat menimbulkan persaingan yang tidak sehat antar calon peserta didik.
    * Dapat menyebabkan terjadinya diskriminasi terhadap calon peserta didik yang tidak berdomisili di sekitar lokasi sekolah.

    Jalur domisili merupakan salah satu jalur pendaftaran sekolah yang bertujuan untuk pemerataan akses pendidikan bagi seluruh masyarakat. Jalur ini memiliki kelebihan dan kekurangan, namun secara umum dinilai positif karena dapat meningkatkan akses pendidikan bagi masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi sekolah.

    Video Apa Itu Jalur Domisili saat ini

    Baca Juga


    EmoticonEmoticon