Selasa, 10 Oktober 2023

Apa Itu Pengertian Qurban Dan Aqiqah

Content [Show]

    Apa Itu Pengertian Qurban Dan Aqiqah video terkait

    Qurban dan aqiqah adalah dua ibadah yang sering dikaitkan dengan umat Islam. Kedua ibadah ini memiliki kemiripan, yaitu sama-sama menyembelih hewan. Namun, ada beberapa perbedaan mendasar antara qurban dan aqiqah, baik dari segi arti, hukum, tujuan, waktu pelaksanaan, hingga tata cara pelaksanaannya.

    Qurban secara bahasa berarti dekat atau mendekatkan diri. Secara istilah, qurban adalah menyembelih hewan tertentu pada waktu tertentu dengan syarat tertentu untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

    Hukum qurban adalah sunnah muakkad, yaitu sunnah yang sangat dianjurkan. Namun, qurban menjadi wajib bagi orang yang mampu, yaitu orang yang memiliki harta lebih dari kebutuhan pokoknya dan keluarganya.

    Tujuan qurban adalah sebagai berikut:

    * Mendekatkan diri kepada Allah SWT
    * Meneladani Nabi Ibrahim AS
    * Membantu sesama muslim yang membutuhkan

    Waktu pelaksanaan qurban adalah pada Idul Adha, yaitu tanggal 10 Dzulhijjah dan tiga hari tasyrik, yaitu 11, 12, dan 13 Dzulhijjah.

    Tata cara pelaksanaan qurban adalah sebagai berikut:

    1. Memilih hewan qurban yang memenuhi syarat, yaitu hewan yang sehat, tidak cacat, dan tidak dalam keadaan hamil.
    2. Menyembelih hewan qurban dengan cara yang sesuai dengan syariat Islam.
    3. Menyedekahkan daging qurban kepada fakir miskin, kerabat, dan tetangga.

    Aqiqah secara bahasa berarti memutus. Secara istilah, aqiqah adalah menyembelih hewan tertentu pada waktu tertentu untuk anak yang baru lahir.

    Hukum aqiqah adalah sunnah muakkad. Namun, aqiqah menjadi wajib bagi orang yang mampu, yaitu orang yang memiliki harta lebih dari kebutuhan pokoknya dan keluarganya.

    Tujuan aqiqah adalah sebagai berikut:

    * Mendekatkan diri kepada Allah SWT
    * Memberikan rasa syukur kepada Allah SWT atas kelahiran anak
    * Membebaskan anak dari tanggungan dosa

    Waktu pelaksanaan aqiqah adalah pada hari ketujuh kelahiran anak. Namun, aqiqah boleh dilakukan pada hari keempat belas, dua puluh satu, atau dua puluh delapan kelahiran anak.

    Tata cara pelaksanaan aqiqah adalah sama dengan tata cara pelaksanaan qurban. Namun, hewan yang disembelih untuk aqiqah adalah kambing.

    Qurban dan aqiqah adalah dua ibadah yang memiliki kemiripan, yaitu sama-sama menyembelih hewan. Namun, ada beberapa perbedaan mendasar antara qurban dan aqiqah, baik dari segi arti, hukum, tujuan, waktu pelaksanaan, hingga tata cara pelaksanaannya.

    Baca Juga


    EmoticonEmoticon