Selasa, 07 Mei 2024

Apa Itu Enzim Katalase

Content [Show]
    Apa Itu Enzim Katalase

    Enzim katalase adalah enzim yang mengkatalisis penguraian hidrogen peroksida (H2O2) menjadi air dan oksigen. Enzim ini ditemukan pada berbagai organisme, termasuk manusia, hewan, tumbuhan, dan bakteri.

    Enzim katalase berfungsi untuk melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Hidrogen peroksida adalah senyawa yang dapat bersifat toksik bagi sel. Enzim katalase mengurai hidrogen peroksida menjadi air dan oksigen, sehingga mencegah penumpukan hidrogen peroksida dalam sel.

    Enzim katalase ditemukan pada berbagai organisme, termasuk manusia, hewan, tumbuhan, dan bakteri. Pada manusia, enzim katalase ditemukan di berbagai organ, termasuk hati, ginjal, dan paru-paru.

    Enzim katalase bekerja dengan cara mengkatalisis reaksi penguraian hidrogen peroksida menjadi air dan oksigen. Enzim ini memiliki dua tempat aktif, yang masing-masing dapat mengikat satu molekul hidrogen peroksida. Setelah mengikat dua molekul hidrogen peroksida, enzim katalase akan melepaskan dua molekul air dan satu molekul oksigen.

    Kerja enzim katalase dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:

    Enzim katalase memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan sel. Enzim ini melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, dan penyakit Alzheimer.

    Enzim katalase adalah enzim yang penting bagi kesehatan. Enzim ini berfungsi untuk melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

    NettetApa Itu Enzim Katalase? Ini adalah enzim yang mengkatalisis hidrogen peroksida (H2O2) menjadi air dan oksigen. Enzim yang ditemukan di semua jaringan. NettetHalodoc, Jakarta – Di antaranya banyaknya enzim dalam tubuh, enzim katalase punya fungsi dan peranan penting. Enzim ini berguna untuk mencegah. NettetEnzim katalase adalah suatu enzim yang dapat ditemukan pada organ penting manusia seperti ginjal, sel tulang, hati, dan membran mukosa. Tidak hanya itu. NettetEnzim katalase merupakan suatu senyawa yang secara umum dapat ditemukan pada semua organisme hidup yang terpapar sinar matahari termasuk. NettetEnzim katalase adalah molekul yang terbentuk dari protein yang fungsi utamanya sebagai katalisator. Katalisator adalah proses untuk mempercepat reaksi.

    Apa Itu Enzim Katalase

    DOC) ENZIM KATALASE | muhammad miko - Academia.edu - Source: Academia.edu
    Apa Itu Enzim Katalase

    Enzim katalase | PDF - Source: SlideShare

    Apa Itu Enzim Katalase, Kelas 12 - Biologi - Metabolisme (Enzim katalase) | Video Pendidikan Indonesia, 8.83 MB, 06:26, 65,479, Video Pendidikan Indonesia, 2018-08-30T11:17:18.000000Z, 4, DOC) ENZIM KATALASE | muhammad miko - Academia.edu, Academia.edu, 842 x 595, jpg, , 2, apa-itu-enzim-katalase

    Kelas 12 - Biologi - Metabolisme (Enzim katalase) | Video Pendidikan Indonesia

    Apa Itu Enzim Katalase. NettetEnzim katalase merupakan biomolekuler berupa protein kuartener yang terbentuk dari empat rantai panjang polipeptida (subunit protein). Setiap rantai.

    Enzim sebagai biokatalisator, kerjanya dipengaruhi berbagai faktor. Melalui kegiatan percobaan Enzim katalase, berbagai faktor yang mempengaruhi kerja enzim dapat dipelajari sehingga konsep kerja enzim lebih dipahami.

    Enzim katalase (banyak terdapat di hati) diperlukan untuk mengurai H2O2 (yg terbentuk karena metabolisme tidak sempurna, dan bersifat merusak sel), dengan reaksi:
    H2O2 ---> H2O + O2

    Dalam kegiatan ini kita coba dengan variabel manipulasi jenis hati dengan cara:
    1. Tabung reaksi 1 diisi 1ml ekstrak hati ayam, lalu di tambahkan 3 tetes H2O2, tutup dengan ibu jari, kemudian beri lidi membara. Adanya nyala api menunjukkan ada O2 yg terbentuk
    2. Tabung reaksi 2 diisi 1ml ekstrak hati sapi lalu beri 3 tetes H2O2, tutup dengan ibu jari, kemudian diberi lidi membara.
    Bandingkan besar nyala keduanya (besar nyala menunjukkan kadar O2)

    Setelah percobaan ini, kalian bisa bereksperimen dengan mengganti variabel manipulasinya, misal: konsentrasi H2O2, konsentrasi ekstrak hati, suhu, pH, volume H2O2, volume ekstrak hati, atau berbagai organ.

    Selamat mencoba!!

    Yuk pelajari selengkapnya tentang Metabolisme - Enzim katalase bersama Ibu Dra. Ika Mystikawati, M.Pd dari SMA Negeri 6 Surabaya.

    More info: pendidikan.id/
    Download Aplikasi kita ya: kipinmobile.com/
    Kritik dan saran: info@pendidikan.id
    MGMP Biologi Jawa Timur: mgmpbiologijatim.com

    DOC) ENZIM KATALASE | muhammad miko - Academia.edu

    Apa Itu Enzim Katalase, NettetEnzim katalase merupakan suatu senyawa yang secara umum dapat ditemukan pada semua organisme hidup yang terpapar sinar matahari termasuk. NettetEnzim katalase adalah molekul yang terbentuk dari protein yang fungsi utamanya sebagai katalisator. Katalisator adalah proses untuk mempercepat reaksi.

    Kelas 12 - Biologi - Metabolisme (Enzim katalase) | Video Pendidikan Indonesia

    Kelas 12 - Biologi - Metabolisme (Enzim katalase) | Video Pendidikan Indonesia

    Source: Youtube.com

    Kelas 12 - Biologi - Enzim Katalase | Video Pendidikan Indonesia

    Kelas 12 - Biologi - Enzim Katalase | Video Pendidikan Indonesia

    Source: Youtube.com

    The Enzyme Catalase and How It Works

    The Enzyme Catalase and How It Works

    Source: Youtube.com

    AP Biology Lab 2: Enzyme Catalysis

    AP Biology Lab 2: Enzyme Catalysis

    Source: Youtube.com


    Baca Juga


    EmoticonEmoticon