Rabu, 27 Maret 2024

Apa Itu Epilepsi Pada Anak

Content [Show]
    Apa Itu Epilepsi Pada Anak

    Epilepsi pada anak adalah gangguan otak kronis yang menyebabkan kejang berulang. Kejang adalah gangguan sementara dalam aktivitas listrik otak yang dapat menyebabkan perubahan perilaku, kesadaran, atau gerakan.

    Penyebab epilepsi pada anak tidak diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko anak terkena epilepsi, antara lain:

    Gejala epilepsi pada anak dapat bervariasi, tergantung pada jenis kejang yang dialami. Beberapa gejala umum epilepsi pada anak meliputi:

    Dokter akan mendiagnosis epilepsi pada anak berdasarkan gejala yang dialami, riwayat kesehatan, dan hasil pemeriksaan fisik. Dokter juga dapat melakukan tes pencitraan otak, seperti CT scan atau MRI, untuk mencari penyebab kejang.

    Pengobatan epilepsi pada anak bertujuan untuk mengendalikan kejang dan mencegah komplikasi. Obat antikejang adalah pengobatan utama untuk epilepsi. Obat ini bekerja dengan cara menstabilkan aktivitas listrik otak.

    Dalam beberapa kasus, operasi dapat dilakukan untuk mengobati epilepsi pada anak. Operasi ini dilakukan untuk menghilangkan jaringan otak yang menyebabkan kejang.

    Tidak ada cara pasti untuk mencegah epilepsi pada anak. Namun, beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menurunkan risiko anak terkena epilepsi meliputi:

    Epilepsi pada anak adalah kondisi yang dapat menyebabkan kejang berulang. Pengobatan epilepsi pada anak bertujuan untuk mengendalikan kejang dan mencegah komplikasi.

    NettetEpilepsi atau ayan tidak selalu kejang hingga mulut berbusa. Epilepsi adalah kejang berulang 2 kali atau lebih tanpa penyebab. Sebelum kejang, anak masih. NettetApa itu penyakit epilepsi? Definisi epilepsi atau dikenal juga dengan sebutan ayan adalah penyakit kronis yang memiliki ciri khas berupa kejang kambuhan.

    Apa Itu Epilepsi Pada Anak

    Infografik: Mengenal Epilepsi Pada Anak - Universitas Airlangga Official Website - Source: Universitas Airlangga
    Apa Itu Epilepsi Pada Anak

    Mengenal Penyebab Epilepsi pada Anak dan Cara Menanganinya - Eka Hospital - Source: Eka Hospital

    Apa Itu Epilepsi Pada Anak, Epilepsi Dan Penanganannya - AYO SEHAT, 31.54 MB, 22:58, 38,432, KOMPASTV, 2021-03-30T12:00:15.000000Z, 4, Infografik: Mengenal Epilepsi Pada Anak - Universitas Airlangga Official Website, Universitas Airlangga, 1024 x 671, jpg, , 2, apa-itu-epilepsi-pada-anak

    Epilepsi Dan Penanganannya - AYO SEHAT

    Apa Itu Epilepsi Pada Anak. NettetPenyakit epilepsi atau ayan adalah kondisi yang dapat menjadikan seseorang mengalami kejang secara berulang. Epilepsi bisa menyerang seseorang ketika terjadinya.

    JAKARTA, KOMPASTV - Epilepsi merupakan gangguan kesehatan yang menyerang sistem syaraf pusat, akibat pola aktifitas listrik yang abnormal. Gangguan kesehatan ini dapat terjadi pada siapapun, dan kerap berulang. Biasanya epilepsi bermula sejak usia anak anak.

    Melansir dari kompas dot kom, gejala epilepsi dapat terjadi dengan tanda tanda yang khas.

    Diantaranya adalah kebingungan sementara. Tatapan mata yang kosong. Gerakan menyentak tak terkendali pada lengan dan kaki. Hilangnya kesadaran. Dan gejala psikis lain, seperti takut dan cemas.

    Apabila gejala mulai dialami, baiknya gangguan syaraf ini segera diperiksakan kerumah sakit.

    Sebagian masyarakat awam saat ini, masih ada yang menganggap epilepsi merupakan penyakit menular. Padahal epilepsi merupakan penyakit yang tidak menular.

    Pemicu epilepsi sendiri, ditengarai dipengaruhi dari faktor genetika. Namun terdapat beberapa faktor lain yang dapat memicu terjadinya epilepsi.

    Diantaranya adalah cedera otak traumatis, cedera otak pada jaringan parut, demam tinggi, stroke diatas usia 35 tahun , penyakit pembuluh darah, kekurangan oksigen pada otak, tumor atau kista pada otak, dimensia atau alzheimer, penggunaan obat tertentu, cedera parental, malformasi otak, kekurangan oksigen saat lahir, penyakit neurologis lainya.

    Lalu bagaimana cara menangani gejala epilepsi. Dan bagaimana cara menyembuhkannya. Temukan jawabannya, di Ayo Sehat.

    follow us:

    Instagram : @ayosehat_kompastv

    Infografik: Mengenal Epilepsi Pada Anak - Universitas Airlangga Official Website

    Apa Itu Epilepsi Pada Anak, NettetApa itu penyakit epilepsi? Definisi epilepsi atau dikenal juga dengan sebutan ayan adalah penyakit kronis yang memiliki ciri khas berupa kejang kambuhan.

    Epilepsi Dan Penanganannya - AYO SEHAT

    Epilepsi Dan Penanganannya - AYO SEHAT

    Source: Youtube.com

    Penangana Epilepsi pada Anak dr Wihasto Suryaningtyas, SP BS K

    Penangana Epilepsi pada Anak dr Wihasto Suryaningtyas, SP BS K

    Source: Youtube.com

    What Causes Epilepsy | Seizures Explained | The Dr Binocs Show | Peekaboo Kidz

    What Causes Epilepsy | Seizures Explained | The Dr Binocs Show | Peekaboo Kidz

    Source: Youtube.com

    What is Epilepsy and How is it Treated

    What is Epilepsy and How is it Treated

    Source: Youtube.com


    Baca Juga


    EmoticonEmoticon