Sabtu, 15 Juni 2024

Fungsi Enzim Katalase

Content [Show]
    Fungsi Enzim Katalase

    Enzim katalase adalah enzim yang berperan dalam proses oksidasi hidrogen peroksida (H2O2) menjadi air (H2O) dan oksigen (O2). H2O2 adalah senyawa yang bersifat toksik bagi sel, sehingga enzim katalase diperlukan untuk mendegradasi H2O2 agar tidak membahayakan sel.

    Enzim katalase adalah enzim yang berperan dalam proses oksidasi hidrogen peroksida (H2O2) menjadi air (H2O) dan oksigen (O2).

    Fungsi enzim katalase adalah untuk mendegradasi hidrogen peroksida (H2O2) agar tidak membahayakan sel. H2O2 adalah senyawa yang bersifat toksik bagi sel, sehingga enzim katalase diperlukan untuk mengubah H2O2 menjadi senyawa yang tidak berbahaya, yaitu air (H2O) dan oksigen (O2).

    Enzim katalase ditemukan di berbagai sel makhluk hidup, termasuk bakteri, hewan, dan tumbuhan. Enzim katalase paling banyak ditemukan di hati, ginjal, dan sel darah merah.

    Enzim katalase bekerja dengan cara mengkatalisis reaksi oksidasi H2O2 menjadi air (H2O) dan oksigen (O2). Enzim katalase menggunakan ion tembaga (Cu) sebagai kofaktor untuk mempercepat reaksi.

    Ada beberapa gangguan yang terkait dengan enzim katalase, yaitu:

    Enzim katalase adalah enzim penting yang berperan dalam melindungi sel dari kerusakan akibat H2O2. H2O2 adalah senyawa yang bersifat toksik bagi sel, sehingga enzim katalase diperlukan untuk mengubah H2O2 menjadi senyawa yang tidak berbahaya, yaitu air (H2O) dan oksigen (O2).

    NettetEnzim katalase adalah enzim yang umum ditemukan di hampir semua organisme yang terpapar oksigen. Simak penjelasan lengkap mengenai fungsinya bagi. NettetEnzim katalase merupakan salah satu enzim yang terdapat pada tumbuhan. Enzim ini diproduksi oleh peroksisom dan aktif melakukan reaksi oksidatif terhadap bahan yang.

    Fungsi Enzim Katalase

    Enzim katalase | PDF - Source: SlideShare
    Fungsi Enzim Katalase

    DOC) ENZIM KATALASE | muhammad miko - Academia.edu - Source: Academia.edu

    Fungsi Enzim Katalase, Kelas 12 - Biologi - Enzim Katalase | Video Pendidikan Indonesia, 16.3 MB, 11:52, 85,313, Video Pendidikan Indonesia, 2018-08-28T11:38:33.000000Z, 1, Enzim katalase | PDF, SlideShare, 453 x 320, jpg, , 2, fungsi-enzim-katalase

    Kelas 12 - Biologi - Enzim Katalase | Video Pendidikan Indonesia

    Fungsi Enzim Katalase. NettetFungsi enzim katalase. Enzim katalase memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh. Dilansir dari Scientific American, enzim katalase berfungsi untuk melindungi. NettetFungsi enzim katalase. Enzim katalase merupakan suatu senyawa yang secara umum dapat ditemukan pada semua organisme hidup yang terpapar sinar.

    Enzim merupakan sejenis protein yang memiliki sifat ...
    1. Tidak bekerja aktif pada suhu diatas 30°c
    2. Dapat bekerja dg baik pada pH netral 6,8 - 7,2
    3. Bersifat katalisator artinya mampu mempercepat reaksi tapi tidak ikut bereaksi
    4. Bersifat khas artinya hanya bekerja pada substrat tertentu saja, misal : enzim katalase atau enzim peroksidase yg berfungsi menguraikan asam peroksida (H2O2) menjadi H2O dan O2 (oksigen)

    H2O2 merupakan hasil dari proses metabolisme yg sangat membahayakan tubuh karena bersifat racun

    Percobaan
    Dalam percobaan ini menggunakan ekstrak hati sapi krn memiliki enzim katalase dan fungsi hati sendiri adalah menetralkan racun
    1. Tabung A berisi ekstrak hati ditambahkan H2O2 dari tabung
    1, hasil: timbul gelembung banyak sekali (++++) diberi bara api dari lidi ternyata bara api menyala terang membuktikan bahwa gelembung tersebut adalah O2
    2. Tabung B berisi ekstrak hati + 5 tetes KOH ditambahkan H2O2 dari tabung 2, hasil: timbul gelembung sedikit (++) diberi bara api dari lidi, api nyala tapi redup
    3. Tabung C berisi ekstrak hati + 5 tetes HCl ditambahkan H2O2 dari tabung 3, hasil timbul gelembung sedikit (++) diberi bara api dari lidi, api nyala tapi redup
    4. Tabung D berisi ekstrak hati dipanaskan lalu ditambahkan H2O2 dari tabung 4, hasil tidak ada gelembung (-) diberi bara api dari lidi ternyata api tidak menyala.

    Kesimpulan:
    Enzim katalase hanya bekerja dengan baik apabila pHnya netral (tidak basa/ pH > 7 dan tidak asam/ pH < 7)

    Enzim hanya dapat bekerja pada suhu sekitar 30° c

    Yuk pelajari selengkapnya tentang Enzim Katalase bersama Ibu Dra. Lilis Ernawati, M.Agr dari SMA Ta'miriyah Surabaya.

    More info: pendidikan.id/
    Download Aplikasi kita ya: kipinmobile.com/
    Kritik dan saran: info@pendidikan.id
    MGMP Biologi Jawa Timur: mgmpbiologijatim.com

    Enzim katalase | PDF

    Fungsi Enzim Katalase, NettetEnzim katalase adalah enzim yang umum ditemukan di hampir semua organisme yang terpapar oksigen. Simak penjelasan lengkap mengenai fungsinya bagi. NettetEnzim katalase merupakan salah satu enzim yang terdapat pada tumbuhan. Enzim ini diproduksi oleh peroksisom dan aktif melakukan reaksi oksidatif terhadap bahan yang.

    Kelas 12 - Biologi - Enzim Katalase | Video Pendidikan Indonesia

    Kelas 12 - Biologi - Enzim Katalase | Video Pendidikan Indonesia

    Source: Youtube.com


    Baca Juga


    EmoticonEmoticon