Senin, 29 Januari 2024

Apa Itu Etika Sains

Content [Show]
    Apa Itu Etika Sains

    Etika sains adalah cabang filsafat yang mempelajari tentang nilai-nilai moral yang berlaku dalam aktivitas ilmiah. Etika sains bertujuan untuk memberikan pedoman bagi para ilmuwan dalam melakukan penelitian dan pengembangan sains, sehingga hasil penelitian tersebut dapat bermanfaat bagi umat manusia tanpa menimbulkan dampak negatif.

    Etika sains penting untuk memastikan bahwa sains digunakan untuk kebaikan umat manusia. Sains memiliki potensi untuk memberikan manfaat yang besar, seperti meningkatkan kesehatan, kesejahteraan, dan kualitas hidup. Namun, sains juga memiliki potensi untuk digunakan untuk kejahatan, seperti pembuatan senjata pemusnah massal atau manipulasi genetik. Etika sains membantu para ilmuwan untuk menggunakan sains secara bertanggung jawab dan menghindari penggunaannya untuk tujuan yang merugikan.

    Ada beberapa prinsip dasar etika sains, antara lain:

    Etika sains dapat diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari, antara lain:

    Etika sains adalah hal yang penting untuk dipelajari dan diterapkan oleh semua orang, terutama para ilmuwan dan masyarakat umum. Dengan memahami etika sains, kita dapat memastikan bahwa sains digunakan untuk kebaikan umat manusia tanpa menimbulkan dampak negatif.

    NettetStandar Etika dan Tanggung Jawab dalam Sains: Sebuah Studi Empiris. Pendahuluan Laporan ini memberikan wawasan yang berguna mengenai pengembangan pedoman. NettetFilsafat : Etika Sains, dan Humanitas (dokpri) Tulisan ini ada pembahasan Pada FilsafatMoral secara Umum. Pada kta atau Pendekatan Etimologis Kata Etika. NettetDi situ kelihatan sekali bahwa etika merupakan salah satu sains. sebagai sains, etika harus secara lurus mengikuti kaidah-kaidah ilmiah secara rasional yang.

    Apa Itu Etika Sains

    Etika sains | PDF - Source: SlideShare
    Apa Itu Etika Sains

    DOC) ETIKA SAINS | Harry Firman - Academia.edu - Source: Academia.edu

    Apa Itu Etika Sains, Akan Segila Apa Jika Sains Tanpa Etika, 5.95 MB, 04:20, 1,255,202, Kok Bisa?, 2021-03-21T15:45:59.000000Z, 1, Etika sains | PDF, SlideShare, 414 x 320, jpg, , 2, apa-itu-etika-sains

    Akan Segila Apa Jika Sains Tanpa Etika

    Apa Itu Etika Sains. NettetAbstract. Pemahaman tenlang etika sains merupakan acuan dalam menyikapiperkembangan sains yang kian pesat pada era masyarakat pasca industrioPerkembangan IPTEK telah memberikan dampak yang luas padaperubahan. NettetEtika sains berkaitan erat dengan tanggungjawab kemanusiaan. Tanggung jawab tidak hanya kepada kewajiban untuk mempraktekkan. (menerapkan) konsep-konsep sains. NettetThe Etika dalam sains dan teknologi hadir dan juga dalam bidang pembangunan moden yang lain. Ia pada dasarnya adalah sains normatif (tidak formal) yang berkaitan dengan.

    Ilmu pengetahuan ada untuk majuin umat manusia. Namun, apa jadinya jika kita bebas ngembangin apa aja, bahkan eksperimen mengerikan ke tubuh manusia? Akan segila apa sains jika kita tak mengenal batas etika? Enjoy the video!

    ---

    Tanyakan pertanyaan aneh anda disini! NGGA ada pertanyaan yang bodoh! 'Kok Bisa' ngga cuma sekedar mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terlihat bodoh, aneh dan dungu disini, tapi juga mencoba menumbuhkan rasa keingintahuan anda terhadap segala hal di dunia ini. Jadi tunggu apalagi? Ayo subscribe, let's watch the videos and go curiosity!

    ---

    FAQ (Frequently Asked Questions):
    Q: Min, upload tiap hari apa?
    A: Tiap hari Rabu. Tapi kadang-kadang ada video yang butuh waktu pembuatan lebih lama. So, stay tuned!

    Q: Min, animasinya pake software apa?
    A: Adobe after effects

    Q: MIN, KENAPA DI VIDEONYA ADA BAKSONYA TERUS!?
    A: Bakso is inspiration *wink

    ---

    Follow our social media for more updates, stuff and facts!

    Facebook: facebook.com/kokbisachannel
    Instagram: instagram.com/kokbisa
    Line: bit.ly/linekokbisa
    Twitter: twitter.com/kokbisachannel

    ---

    For business inquiries: kokbisachannel@gmail.com

    ---

    References:
    Sumber:
    World Health Organization, (2011). Standards and Operational Guidance for Ethics Review of Health-Related Research with Human Participants.
    Komisi Nasional Etik Penelitian Kesehatan, (2011). Pedoman Nasional Etik Penelitian Kesehatan.
    theconversation.com/human-experiments-the-good-the-bad-and-the-ugly-39876
    bbc.com/future/article/20190723-the-ethics-of-using-nazi-science
    erau.edu/-/media/files/university/research/irb-history-of-ethics.pdf?la=en&hash=2AF300850C345B9F444ECFC95B92DD8F38FB6583
    researchgate.net/post/Should_bioethicists_get_out_of_the_way
    ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5758074/
    dphhs.mt.gov/Portals/85/dsd/documents/DDP/MedicalDirector/Warfarin.pdf
    ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1200696/
    theconversation.com/human-experiments-the-good-the-bad-and-the-ugly-39876
    theconversation.com/judging-jenner-was-his-smallpox-experiment-really-unethical-54362
    bbc.com/indonesia/vert-fut-54360162
    cdc.gov/tuskegee/timeline.htm
    ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4568718/
    history.com/news/the-infamous-40-year-tuskegee-study
    newscientist.com/article/2208369-three-identical-strangers-was-the-twin-separation-study-ethical/
    medpagetoday.com/psychiatry/generalpsychiatry/80829
    simplypsychology.org/zimbardo.html
    ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5719679/
    thelancet.com/journals/lancet/article/PIIS0140-6736(04)17619-8/fulltext
    ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1323276/
    helix.northwestern.edu/article/thalidomide-tragedy-lessons-drug-safety-and-regulation
    sciencemuseum.org.uk/objects-and-stories/medicine/thalidomide
    livescience.com/13002-7-absolutely-evil-medical-experiments-tuskegee-syphilis.html
    youtube.com/watch?v=zZ3l1jgmYrY&t=18s
    youtube.com/watch?v=dijCs9XEm5I
    youtube.com/watch?v=CzNANZnoiRs
    quora.com/If-there-were-no-ethics-or-morals-in-science-how-much-faster-would-research-on-things-progress-if-there-was-no-limit-to-what-we-could-do

    ---
    Credits:
    - Kevin MacLeod for awesome music
    - Tiffani Angelica, for this episode's end narrator (instagram.com/tiffaniangelica)
    - And a massive THANK YOU to everyone for watching this and for all of your support!

    Etika sains | PDF

    Apa Itu Etika Sains, NettetFilsafat : Etika Sains, dan Humanitas (dokpri) Tulisan ini ada pembahasan Pada FilsafatMoral secara Umum. Pada kta atau Pendekatan Etimologis Kata Etika. NettetDi situ kelihatan sekali bahwa etika merupakan salah satu sains. sebagai sains, etika harus secara lurus mengikuti kaidah-kaidah ilmiah secara rasional yang.

    Akan Segila Apa Jika Sains Tanpa Etika

    Akan Segila Apa Jika Sains Tanpa Etika

    Source: Youtube.com


    Etika adalah aspek penting yang dalam lingkungan bermasyarakat. Sebenarnya arti dari etika? penjelasannya. .


    .


    Berikut adalah ulasan lengkap seputar Pengertian Etika: Macam-Macam EtikaManfaat Etika dari Gramedia buku etika etiket rekomendasi .


    .


    juga membataskan perkara yang ... Selain , kepentingan etika jiga adalah untuk menjaga kepentingan manusia dari kerakusan sains yang mengancam keselamatan manusia. Sebaigamana yang kita tahu manusia lebih mengikuti nafsunya berbanding akalnya apabila mereka telah mencapai ... .


    .


    Cakrawala Pendidikan providingplatform that welcomes acknowledges high ... .


    Ilmu pengetahuan bertujuan untuk memajukan perkembangan umat manusia namun jadinya jika kita bebas melakukan eksperimen mengerikan dalam tubuh manusia? , simak ulasannya. .


    .


    .


    Etika adalah konsep tindakan atau perilaku manusia, tentang baik buruk. tiga macam etika yaitu deskriptif, normatif, metaetika. Berikut penjelasan contoh etika dalam kehidupan. .


    .


    Menurut Aristoteles, pengertian etika dibagi menjadi yaitu terminius technikus manner custom. .


    .


    .


    Selain , dianggap sebagai ... yang benar atau salah. sisi lain, etika memiliki hubungan yang erat dengan moralitas. meskipun mereka memiliki esensi yang sama, mereka berbeda. Etika, sementara , adalah seperangkat aturan yang datang dari dalam, sedangkan standar moral adalah yang berasal dari luar, atau lebih tepatnya dari masyarakatSains teknologi ... .


    Definisi etika menurut para ahli seperti Plato, Aristoteles, Kees Bertens, Rushworth Kidder, Richard William Paul Linda Elder. Halaman .


    ournal Usuluddin (ISSN: 1394-3723-ISSN: 0128-0708) a referred biannual open-access blind-peer-reviewed research journal published Academy Islamic Studies, Universiti Malaya, Kuala Lumpur. publishes scholarly articles `Aqidah Islamic Thought, 'anic Prophetic Tradition ... .


    Irawan, Prasetya Aslichati, Lilik (2014) Metode Penelitian Sosial. In: Kaidah Dasar Ilmu Pengetahuan Penelitian. Universitas Terbuka, Jakarta, pp. ISBN 9789790113527 .

    Baca Juga


    EmoticonEmoticon